IKLAN

Kamis, 03 Maret 2016

YUK KE PALEMBANG, ADA WISATA GERHANA MATAHARI TOTAL



       Adakah diantara sahabat pembaca blog ini yang belum pernah ke Palembang? Nah, bagi yang belum pernah berkunjung ke Palembang ada baiknya menyempatkan diri ke Palembang dalam waktu dekat ini? Kenapa? Selain kota Palembang layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata di nusantara, ada momen penting yang gak bakal dilupakan pada tanggal 09 Maret 2016 yang akan datang. Hmm..momen apa sih? Sepenting apakah koq sampai gak bisa dilupakan?

       Kota Palembang sebagai salah satu kota besar di Indonesia juga mempunyai tujuan wisata yang layak dikunjungi. Sebagai kota wisata tentunya kota Palembang memiliki daya tarik sehingga menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung.



  • Jembatan Ampera berdiri kokoh dan megah yang membelah Sungai Musi.
  • Pulau Kemaro yang menyimpan legenda kisah cinta saudagar Cina dengan putri raja bernama Siti Fatima. 
  • Benteng Kuto Besak yang merupakan benteng peninggalan jaman Belanda. sebagai daya tarik wisata sejarah. 
  • Museum Balaputera Dewa dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. 
  • Kampung songket di kawasan Ki Gede Ing Suro. 
  • Pasar 16 Ilir di tepian Sungai Musi
  • Wisata heritage di Kampung Kapiten yang merupakan rumah kuno berusia ratusan tahun peninggalan bangsawan dan saudagar Cina. 
  • Masjid Agung Palembang, pusat pengembangan agama Islam dan peradaban budaya Islam
  • Hutan Wisata Punti Kayu yang merupakan hutan kota yang keberadaannya sebagai paru-paru kota.
  • Dan masih banyak lagi, seperti wisata kuliner, mall-mall yang tersebar di tengah kota, situs makam raja-raja yang pernah berkuasa pada jaman kerajaan Sriwijaya.

Tempat-tempat yang kusebutkan di atas kayaknya waJib deh dikunjungi bila berkunjung ke Palembang. Selain itu, pada tanggal 9 Maret 2016 yang akan datang kota Palembang bakalan ramai dikunjungi wisatawan. Sebabnya, bakal ada gerhana matahari total. Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi wilayah kota Palembang bakal berlangsung selama 1 menit 47 detik. Kejadiannya diperkirakan berlangsung mulai pukul 07:20:47,8 dan berakhir pukul 07:21:43,3. Duapuluh tahun yang lalu tepatnya tanggal 18 Maret 1988, fenomena Gerhana Matahari Total 9GMT) pernah melintasi Palembang. Bayangkan, lama banget ya jaraknya hingga 28 tahun kemudian ketemu lagi dengan fenomena alam yang langka. Dan bersyukurlah kota tempat tinggalku di Palembang kembali dilintasi Gerhana Matahari Total. 

Sehubungan dengan fenomena alam yang langka ini, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar Festival Gerhana Matahari Total. Tepatnya festival tersebut akan diselenggarakan di atas Jembatan Ampera. Kawasan Jembatan Ampera akan ditutup sementara selama 4 jam. Masyarakat atau wisatawan yang berkunjung dapat berkumpul di Jembatan Ampera dan sekitarnya untuk menyaksikan wisata ini. Kabarnya sih, hingga tulisan ini kutulis, hotel-hotel berbintang sudah full booked jauh hari sebelumnya. Agar tak ketinggalan euforia menyambut wisata gerhana matahari total, akupun telah membeli kacamata tiga dimensi. Tak ketinggalan, kamera perekam pun telah aku prepare untuk mengabadikan momen langka ini.

Nah, bila sahabat blogger tertarik menyaksikan fenomena langka ini, yuk... datanglah ke kota Palembang. Saksikan dan nikmati wisata gerhana matahari total. Dijamin deh gak bakalan terlupakan seumur hidup lho...!










24 komentar:

  1. kangen Palembang, jadi terbayang waktu ke sana.....kulinernya...yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk ke Zpalembang Mbd.. Ikutin wisata gerhana
      .

      Hapus
  2. Wah mau ikuuuuut kak.... masih punya duo balita. Nunggu hasil reportase kakak saja lah. *NongkronginblognyaKakRita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mba.. Nanti aku bikin reportasenya ya..

      Hapus
  3. Saya menyaksikan pengecatan ulang Jembatan Ampera ketika dinas di Palembang karena teman saya jadi sub kontraktornya
    Terima kasih artikelnya yang mengingatkan saya akan kota Palembang
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas atensi dan kunjungannya ya Pakde.. Sekarang Ampera sdh cantik.. Kalo malam hari gemerlap dgn cahaya lampu warna-warni..

      Hapus
  4. sukses mbakkk, aku ke Ternate nanti buat menyaksikan GMT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren...ke Ternate melihat gerhana di sana ya Mba..

      Hapus
  5. Iya nih. gerhana kali ini jadi pariwisata ya. target kunjungan luar negeri juga sangat tinggi. semoga banyak wisatawan yang datang ke Palembang Mbak.

    BalasHapus
  6. Palembang termausk beruntung bisa menikmati gerhana matahari total :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mba.. Alhamdulillah.. Palembang dapet yg gerhana totalnya..

      Hapus
  7. Huhuhu, jauhnya. :( Lagi hamil 8 bulan pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo dah 8 blm mesti hati2 jangan jalan jauh2 ya Mba..

      Hapus
  8. Di tivi juga ada berita tentang gerhana matahari total dari Palembang yang ngelihat pakai kaca yang dibakar.. seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..beritanya sdh beredar dimana-mana..

      Hapus
  9. sama mbak, di Balikpapan juga. Bahkan saya mendapat orderan hotel dari wisatawan jepang. Mayan nambah uang jajan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Bang Budi dpt berkah dari adanya GMT ini..

      Hapus
  10. tau gitu aku ke Palembang ya mbak, ke rumah mbak rita sekalian :)

    BalasHapus
  11. wah acara kemarin pasti seruu abis nih mah hehe...

    BalasHapus
  12. Widya belum pernah ke Palembang. Semoga aja ada kesempatan buat kesana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin.. Semoga kelak bisa ke Palembang ya Mba..

      Hapus