Tayangan Iklan

Rabu, 13 Juni 2018

Bola-bola Beef Sausage So Good


       Teman-teman, pernah gak mengalami kejadian seperti ini, ketika sedang bepergian ke suatu tempat perut kita nagih minta diisi alias lapar. Lalu kita kesulitan mencari tempat jajan yang sesuai selera? Kalaupun ada, kadangkala makanannya kurang sesuai di lidah. Kadangkala harganya juga mahal untuk ukuran kantong kita? Kalau saya sering banget mengalami kejadian seperti itu.

       Pernah mengalami kejadian seperti itu beberapa kali, membuat saya harus prepare sebelum bepergian. Minimal saya harus bawa bekal makanan di dalam tas. Bekal tersebut berupa cemilan atau makanan ringan, antisipasi mengatasi lapar ketika sedang bepergian. Ide ini pernah dilontarkan oleh seorang teman. Kalau pergi kemana-mana dia selalu bawa bekal yang sudah dipersiapkannya dari rumah. Ketika perut nagih minta diisi teman saya itu tidak panik lagi. Langsung membuka bekalnya dan bisa nyam-nyam deh!

       Nah, cerita teman itu menginspirasi saya untuk membuat kreasi cemilan sehat sebagai bekal yang bisa dibawa saat bepergian. Nama cemilan ini "Bola-bola Beef Sausage So Good". Bikinnya gampang dan bahan-bahannya pun mudah didapat.


 Bola-bola Beef Sausage So Good


Bola-bola Beef Sausage So Good

Bahan:
Sosis sapi "Beef Sausage So Good" 3 potong
Mie instant (bumbunya tidak usah dipakai)
Telur ayam 1 buah (ukuran kecil)
Terigu 10 sendok makan
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung 
Lada halus secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (kalau suka).



Cara membuatnya:
- Sosis sapi "Beef Sausage So Good" dicincang kasar
- Mie instant (tanpa bumbu) direbus lalu tiriskan
- Campurkan sosis sapi cincang dengan mie instant yang sudah direbus, aduk-aduk
-Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan
-Tambahkan lada harus, garam dan penyedap rasa sesuai selera
-Tambahkan telur  ke dalam adonan, aduk-aduk hingga tercampur rata 
-Adonan yang sudah tercampur rata lalu dibentuk seperti bola-bola kecil
-Agar adonan bisa dibentuk dan tidak lengket, tangan kita dilapisi kantung plastik  
-Setelah selesai dibentuk seperti bola-bola lalu digoreng dalam minyak yang panasnya sedang.
-Setelah matang lalu angkat, tiriskan.


       Nah, mudah bukan cara membuat cemilan sehat ini? Paling enak bila disantap ketika masih hangat. Apalagi dicocol dengan saus cabai, hmm terasa enaknya. Bagi yang tahan pedas bisa disantap dengan gigitan cabe rawit, dijamin pasti berkeringat, hehe...

       Bola-bola Beef Sausage So Good ini tak hanya bisa dibawa sebagai bekal saat bepergian saja. Kadangkala saya bawa juga ke kantor sebagai cemilan. Saya ini termasuk orang yang susah makan dan pengidap maag. Kalau telat makan, maag kambuh. Demikian juga kalau kebanyakan makan, perut saya terasa begah. Serba salah jadinya kan? Makan harus tepat waktu dan diatur porsinya sehingga perut saya tetap sehat dan maag pun tidak kambuh.

       Ketika saya bawa ke kantor ternyata teman-teman banyak yang suka. Saya senang dong kalau masakan yang saya buat disukai banyak orang. Kalau kalian penasaran dengan cita rasanya, yuk dicoba membuatnya di rumah. Gampang koq, dan kalian pasti ketagihan, hehe...

Kamis, 26 Mei 2016

JALAN-JALAN KE SINGAPURA JANGAN LUPA MAMPIR KE MERLION PARK


     Siapa yang tidak mengenal Merlion Park? Sebuah tempat di Singapura yang begitu tersohor. Apa istimewanya Merlion Park? Bagi para wisatawan tempat ini terasa begitu istimewa. Karena di Merlion Park terdapat ikon negara Singapura yaitu sebuah patung Merlion? Patung Merlion digambarkan bentuknya berkepala singa dan berbadan ikan. Bila menyebut Merlion Park yang tergambar dalam benak kita adalah patung ikan berkepala singa ikonnya negara Singapura.


Patung Merlion berbentuk ikan berkepala singa


Rabu, 09 Maret 2016

MENYAKSIKAN GERHANA MATAHARI TOTAL DARI JEMBATAN AMPERA PALEMBANG



     Hari ini, Rabu tanggal 09 Maret 2015 adalah hari yang sangat istimewa. Kenapa? Karena hari ini bertepatan dengan kejadian langka yaitu fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT). Istimewanya lagi , kota Palembang termasuk dalam kota yang menjadi perlintasan orbit ketika terjadinya gerhana. Dari 12 kota di nusantara yang dilalui GMT salah satunya adalah kota Palembang. Hmm...bahagia banget deh menjadi warganya, gak perlu jauh-jauh menyaksikan GMT, yang entah berapa tahun lagi akan terjadi. Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas diantara bumi dan matahari dan membuat bayangan di bumi. 


Kamis, 03 Maret 2016

YUK KE PALEMBANG, ADA WISATA GERHANA MATAHARI TOTAL



       Adakah diantara sahabat pembaca blog ini yang belum pernah ke Palembang? Nah, bagi yang belum pernah berkunjung ke Palembang ada baiknya menyempatkan diri ke Palembang dalam waktu dekat ini? Kenapa? Selain kota Palembang layak dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata di nusantara, ada momen penting yang gak bakal dilupakan pada tanggal 09 Maret 2016 yang akan datang. Hmm..momen apa sih? Sepenting apakah koq sampai gak bisa dilupakan?

       Kota Palembang sebagai salah satu kota besar di Indonesia juga mempunyai tujuan wisata yang layak dikunjungi. Sebagai kota wisata tentunya kota Palembang memiliki daya tarik sehingga menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung.


Minggu, 28 Februari 2016

PESONA DANAU RANAU YANG MEMIKAT HATI WISATAWAN


       Kalau pulau Bali terkenal dengan Danau Batur (Kintamani) dan Danau Beratan (Bedugul), maka pulau Sumaterapun tak kalah lho juga punya danau yang terkenal. Di Sumatera Utara ada Danau Toba. Di Sumatera Barat ada Danau Maninjau. Di Sumatera Selatan dan Lampung ada Danau Ranau. Danaua Ranau adalah danau terbesar kedua lho di Sumatera setelah Danau Toba. Nah... ngomong-ngomong soal Danau Ranau, mungkin banyak orang yang belum mengetahui pesonanya ya. Kenapa jumlah wisatawan berkunjung ke Danau Ranau tidak seramai kunjungan ke danau-danau lain yang sudah lebih dulu terkenal? Mungkin juga karena kurangnya promosi wisata dari pemerintah setempat. Terkait pengelolaan tempat wisata alam seperti ini, memang perlu campur tangan pemerintah. Baik itu dalam pengelolaan wisatanya maupun penyebarluasan informasinya.

Sabtu, 20 Februari 2016

GAGAHNYA PATUNG MURUGAN DI BATU CAVES



       "Mba... kita ke tempat ini gak ya?" temanku Rike menunjukkan layar ponselnya. Pada tampilan di layarnya ada gambar beberapa orang yangber pose di depan patung berwarna keemasan. 

       "Lihat nih Mba, ini foto sepupuku pas ke Malaysia. Dia foto bareng teman-temannya di depan patung ini. Tapi aku gak tau ini tempatnya di mana...," lanjut Rike dengan nada penasaran.

       "Wah....keren banget ya foto-fotonta. Aku pengen banget ke sana. Yuk kita cari tahu ini dimana sih?" akupun tak kalah penasarannya.

       Setelah berembug dengan teman-teman satu rombongan, akhirnya kami mendapat informasi bahwa patung kokoh itu ada di Batu Caves.

      Akhirnya, dari kota Kuala Lumpur kami menumpang bus dan membayar sejumlah uang dan melakukan perjalanan ke tempat itu. Jarak tempuh dari KL ke Batu Caves 1,5 jam. 

Minggu, 11 Oktober 2015

KELILING PUTRAJAYA NAIK BUS WISATA

Yeayy...siapa tak kenal Putrajaya? Kota ini merupakan pusat pemerintahan di Malaysia. Sebagaimana pusat pemerintahan tentunya di sini banyak berdiri bangunan-bangunan pemerintahan. Bentuk arsitektur bangunan di sini unik. Mirip-mirip kubah masjid layaknya bangunan di Timur Tengah. 

Untuk mengelilingi kota Putrajaya kita bisa menumpang bus wisata. Dengan membayar ongkos yang disepakati kita diajak keliling kota Putrajaya. Sebagai tanda pengenal nantinya kita diberi stiker yang bisa ditenmpel pada baju atau tas yang kita bawa. Tak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu bus penuh. Kurang dari setengah jam bus sudah dipenuhi penumpang dan buspun segera meluncur.