IKLAN

Sabtu, 20 Februari 2016

GAGAHNYA PATUNG MURUGAN DI BATU CAVES



       "Mba... kita ke tempat ini gak ya?" temanku Rike menunjukkan layar ponselnya. Pada tampilan di layarnya ada gambar beberapa orang yangber pose di depan patung berwarna keemasan. 

       "Lihat nih Mba, ini foto sepupuku pas ke Malaysia. Dia foto bareng teman-temannya di depan patung ini. Tapi aku gak tau ini tempatnya di mana...," lanjut Rike dengan nada penasaran.

       "Wah....keren banget ya foto-fotonta. Aku pengen banget ke sana. Yuk kita cari tahu ini dimana sih?" akupun tak kalah penasarannya.

       Setelah berembug dengan teman-teman satu rombongan, akhirnya kami mendapat informasi bahwa patung kokoh itu ada di Batu Caves.

      Akhirnya, dari kota Kuala Lumpur kami menumpang bus dan membayar sejumlah uang dan melakukan perjalanan ke tempat itu. Jarak tempuh dari KL ke Batu Caves 1,5 jam. 


       Batu Caves itu sendiri adalah sebuah bukit kapur. Bukitnya memiliki sebuah gua yang mana di dalamnya ada sebuah kuil Hindu. Untuk mencapai gua tersebut kita mesti menaiki tak kurang dari 272 anak tangga. Kita juga dapat menyaksikan atraksi ritual keagamaan yang dinamakan Thaipusam. Kebetulan pas kami ke sana pada tanggal  20 Februari 2015 tengah berlangsung ritual pemujaan umat Hindu tersebut. 

       Selain itu yang tak kalah menarik dan mencuri perhatianku adalah patung dewa Murugan yang berdiri kokoh di pelataran seputar Batu Caves. Dewa Murugan adalah dewa peperangan yang digambarkan berparas yampan. bertubuh kekar dan memegang senjata berupa tombak. Begitu tiba di lokasi, dari kejauhan sudah terlihat patung berwarna kuning keemasan. 

       Yukk...lihat-lihat hasil jepretan kameraku di bawah ini ya...



Patung Murugan di batu Caves Malaysia



Di belakang Patung Murugan ada sebuah gua,
untuk masuk ke dalam gua mesti menaiki anak tangga yang berjumlah 272


Mejeng dulu ahh... latar belakangnya Patung Murugan


Manfatin waktu foto-foto di Batu Caves..



Foto bareng Rike dengan latar Patung Murugan



14 komentar:

  1. Itu patungnya dari emas mak? Ini blog baru lagi yah?

    BalasHapus
  2. Iya Mba.. ini blogku yang lain, khusus cerita tentang perjalanan dan tempat wisata..

    BalasHapus
  3. Nah ini icon juga di Malaysia ya. Rata2 turis pada datang ke tempat patung ini. Besar banget patungnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. Ini salah sayo icon tempat wisata di sana..

      Hapus
  4. nice story Mba Rita... udah bbrp kali ke Malaysia belum pernah sempet mampir kesini..


    www.olivelatuputty.com/blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya ya Mba.. Bisa dicatet nih kalo ke sana mampir di Batu Caves..

      Hapus
  5. patung ini populer banget, belum kesampaian euy maen ke sini.. ;((
    Masuk ke guanya gak mbak? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masuk Mba ke dalam gua tsb.. Di dlm ada vua ada kuil..

      Hapus
  6. Waaaah tinggi banget patungnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss..emang Mba tinggi dan gede patungnya..

      Hapus
  7. Aku pernah lihat sekilas di tv bunda, gak nyangka bunda sampaikan disana juga

    BalasHapus
  8. kalau pas naik tangganya sih biasanya gak masaah, tapi pas turun suka kecapean hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. Pas turun tangga dah kecapekan..hehe

      Hapus