IKLAN

Minggu, 28 Februari 2016

PESONA DANAU RANAU YANG MEMIKAT HATI WISATAWAN


       Kalau pulau Bali terkenal dengan Danau Batur (Kintamani) dan Danau Beratan (Bedugul), maka pulau Sumaterapun tak kalah lho juga punya danau yang terkenal. Di Sumatera Utara ada Danau Toba. Di Sumatera Barat ada Danau Maninjau. Di Sumatera Selatan dan Lampung ada Danau Ranau. Danaua Ranau adalah danau terbesar kedua lho di Sumatera setelah Danau Toba. Nah... ngomong-ngomong soal Danau Ranau, mungkin banyak orang yang belum mengetahui pesonanya ya. Kenapa jumlah wisatawan berkunjung ke Danau Ranau tidak seramai kunjungan ke danau-danau lain yang sudah lebih dulu terkenal? Mungkin juga karena kurangnya promosi wisata dari pemerintah setempat. Terkait pengelolaan tempat wisata alam seperti ini, memang perlu campur tangan pemerintah. Baik itu dalam pengelolaan wisatanya maupun penyebarluasan informasinya.


       Bagi yang tertarik berkunjung ke Danau Ranau, baiklah...aku akan coba berbagi cerita pengalamanku ke sana pada akhir tahun 2015 yang lalu. Kebetulan saat itu aku berlibur bareng keluargaku ke Danau Ranau. Hitung-hitung sekalian aku bantu promosikan aset wisata daerah ini agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Siapa tahu setelah membaca postingan singkat ini akan menarik daya kunjungan wisata ke Danau Ranau.

       Secara geografis, letak Danau Ranau ini berada di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dengan provinsi Lampung. Tepatnya nih di kabupaten OKU Selatan (Sumsel) dengan kabupaten  Lampung Barat (Lampung). Untuk sampai di sana butuh waktu perjalanan yang cukup lama. Dari kota Palembang naik kendaraan mobil selama 7 jam tiba di kota Muaradua (ibukota kabupaten OKU Selatan). Dari kota Muaradua butuh waktu lagi selama 1,5 jam hingga tiba di lokasi Danau Ranau.

       Konon, danau ini terbentuk akibat dari gempa dan letusan vukkanik gunung berapi. Ohya, di dekat danau ini ada gunung Seminung yang mengelilingi danau. Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Marisa. Persis seperti Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya lho.. Bila kita menyeberang dengan kapal motor ke Pulau Marisa, kita akan menemukan tempat pemandian air panas yang masih alami. Banyak wisatawan menyeberang ke pulau itu demi mandi di sana. Konon, air panas yang mengandung belerang itu bisa mengobati banyak penyakit. Terutama penyakit kulit dan sejenisnya. Maka tak heran bila di dermaga penyeberangan banyak sekali kapal motor disewa wisatawan untuk sampai ke Pulau Marisa.

       Untuk masuk ke tempat wisata Danau Ranau, kita bisa melalui desa Banding Agung atau melalui wisma PT. PUSRI. Kebetulan saat aku b ersama keluargaku liburan ke sana kami masuk melalui wisma PT. PUSRI. Ada banyak tempat menginap semacam bungalow di sana. Untuk sekedar duduk-duduk dan beristirahat melepas lelah dan membuka bekal makanan, kita bisa menyewa pondokan berbentuk rumah panggung. 

       Bagi yang suka fotografi tempat ini sangat bagus untuk mengambil foto-foto seputar keindahan Danau Ranau. Tentu saja momen foto-foto dan selfie ini tak pernah kulewatkan. Beberapa objek yang bagus sempat kuabadikan dalam jepretan kamera saku maupun kamera hape. Bila sahabat ingin melihat gimana sih indahnya panorama Danau Ranau itu? Boleh deh saksikan panorama alamnya melalui foto-foto yang kuunggah berikut ini....



Danau Ranau yang cantik, di ujung sana terlihat Gunung Seminung yang menjulang


Salah satu spot dan pondokan tempat beristirahat di Danau Ranau


Wisma P.T. PUSRI pengelola tempat wisata alam di Danau Ranau


Panorama yang asri dan sejuk di seputaran Danau Ranau, 
sangat adem dan nyaman menghabiskan liburan di tempat ini


Sesi foto selfie bareng my hubby, haha..


Lagi-lagi selfi bareng my hubby, haha..


Laut yang biru dan Gunung Seminung yang menjulang kokoh, keren ya..


Panorama alam di sekitar Danau Ranau


Panorama sore di Danau Ranau...
ketika senja mulai merayap menati datangnya malam..




18 komentar:

  1. aduh indah banget itu danaunay , aku mah palings uka danau duduk di tepinya pasti satu puisi sudah aku buat

    BalasHapus
  2. Asik banget mbak panoramanya. Stres2 bakal lepas deh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. Adem tempatnya enak buat ngilangkan stres..

      Hapus
  3. Bagus ya... Akses ke sana susah ngga bu.. Pengen juga main ke sumatera selatan sekali sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aksesnya mudah koq Pak kalau dari Palembang ke Danau Ranau.. Monggo main ke Sumsel Pak..

      Hapus
  4. Duuuh kapan bisa main ke sana, ya? Iri banget, pingin foto-foto di sana juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mba...kapan2 main ke sana ya..

      Hapus
    2. Semoga ada umur dan rezeki lebih buat ke sana :D

      Hapus
  5. foto dengan latar gunung bagus mbak. Lewat tulisan ini aku tahu ada tempat-wisata yang bagus di Lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. Byk tempat wisata yg bagus di Lampung..

      Hapus
  6. Whuuua....pengen banget Mbak kesini. Danau Ranau masuk dalam list next destination. Ada beberapa daerah di Lampung yang ingin saya kunjungi juga yang satu lintasan dengan Danau Ranau ini. Duh cita-cita lama yang mulai terpendam, keluar lagi deh gara-gara baca ini...haha. Doa'in ya Mbak supaya bisa ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga keinginannya terwujud ya Mbak..insyaAllah ya..

      Hapus
  7. rasanya tenang ada di sana, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang dan adem banget berada di sana..

      Hapus