Tayangan Iklan

Rabu, 13 Juni 2018

Bola-bola Beef Sausage So Good


       Teman-teman, pernah gak mengalami kejadian seperti ini, ketika sedang bepergian ke suatu tempat perut kita nagih minta diisi alias lapar. Lalu kita kesulitan mencari tempat jajan yang sesuai selera? Kalaupun ada, kadangkala makanannya kurang sesuai di lidah. Kadangkala harganya juga mahal untuk ukuran kantong kita? Kalau saya sering banget mengalami kejadian seperti itu.

       Pernah mengalami kejadian seperti itu beberapa kali, membuat saya harus prepare sebelum bepergian. Minimal saya harus bawa bekal makanan di dalam tas. Bekal tersebut berupa cemilan atau makanan ringan, antisipasi mengatasi lapar ketika sedang bepergian. Ide ini pernah dilontarkan oleh seorang teman. Kalau pergi kemana-mana dia selalu bawa bekal yang sudah dipersiapkannya dari rumah. Ketika perut nagih minta diisi teman saya itu tidak panik lagi. Langsung membuka bekalnya dan bisa nyam-nyam deh!

       Nah, cerita teman itu menginspirasi saya untuk membuat kreasi cemilan sehat sebagai bekal yang bisa dibawa saat bepergian. Nama cemilan ini "Bola-bola Beef Sausage So Good". Bikinnya gampang dan bahan-bahannya pun mudah didapat.


 Bola-bola Beef Sausage So Good


Bola-bola Beef Sausage So Good

Bahan:
Sosis sapi "Beef Sausage So Good" 3 potong
Mie instant (bumbunya tidak usah dipakai)
Telur ayam 1 buah (ukuran kecil)
Terigu 10 sendok makan
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 2 siung 
Lada halus secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (kalau suka).



Cara membuatnya:
- Sosis sapi "Beef Sausage So Good" dicincang kasar
- Mie instant (tanpa bumbu) direbus lalu tiriskan
- Campurkan sosis sapi cincang dengan mie instant yang sudah direbus, aduk-aduk
-Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan
-Tambahkan lada harus, garam dan penyedap rasa sesuai selera
-Tambahkan telur  ke dalam adonan, aduk-aduk hingga tercampur rata 
-Adonan yang sudah tercampur rata lalu dibentuk seperti bola-bola kecil
-Agar adonan bisa dibentuk dan tidak lengket, tangan kita dilapisi kantung plastik  
-Setelah selesai dibentuk seperti bola-bola lalu digoreng dalam minyak yang panasnya sedang.
-Setelah matang lalu angkat, tiriskan.


       Nah, mudah bukan cara membuat cemilan sehat ini? Paling enak bila disantap ketika masih hangat. Apalagi dicocol dengan saus cabai, hmm terasa enaknya. Bagi yang tahan pedas bisa disantap dengan gigitan cabe rawit, dijamin pasti berkeringat, hehe...

       Bola-bola Beef Sausage So Good ini tak hanya bisa dibawa sebagai bekal saat bepergian saja. Kadangkala saya bawa juga ke kantor sebagai cemilan. Saya ini termasuk orang yang susah makan dan pengidap maag. Kalau telat makan, maag kambuh. Demikian juga kalau kebanyakan makan, perut saya terasa begah. Serba salah jadinya kan? Makan harus tepat waktu dan diatur porsinya sehingga perut saya tetap sehat dan maag pun tidak kambuh.

       Ketika saya bawa ke kantor ternyata teman-teman banyak yang suka. Saya senang dong kalau masakan yang saya buat disukai banyak orang. Kalau kalian penasaran dengan cita rasanya, yuk dicoba membuatnya di rumah. Gampang koq, dan kalian pasti ketagihan, hehe...

2 komentar: